Visi Misi

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Program Studi KOMUNIKASI & PENYIARAN ISLAM (KPI)

Visi

Menjadi Program Studi terdepan dalam Pengembangan SDM bidang Komunikasi, berdasarkan Trilogi DDI (Pendidikan, Dakwah dan Usaha Sosial).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat secara profesional.
  2. Meningkatkan SDM Civitas Akademika dalam rangka meneguhkan harkat dan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban.
  3. Berperan sebagai pusat pengembangan organisasi DDI untuk mensejahterakan dan mencerdaskan umat.
  4. Mendukung pengembangan kearifan lokal Sulawesi Barat sebagai daerah yang memiliki keragaman budaya yang malaqbi.
  5. Mengembangkan peserta didik agar menjadi lulusan yang beriman, bertaqwa, merakhlak mulia, berwawasan, berkemampuan tinggi dalam Ilmu Agama dan Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi

MOTTO : The Islamic Institute for The Best Communications Humans

Tujuan Umum

“Terwujudunya lulusan yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berwawasan dan berkemampuan tinggi dalam Ilmu Agama, Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi Informasi  & Komunikasi sesuai dengan Trilogi DDI”

Tujuan Khusus

  1. Menghasilkan alumni porfessional yang memiliki kelulusan ilmu, seni dan teknologi dan kebebasan intelektual.
  2. Megembangkan kehidupan masyarakat akademik yang Islami dan menjunjung tinggi nilai kebenaran, keadilan, kejujuran, kesungguhan dan respek terhadap perubahan.
  3. Menciptakan iklim akademik yang dapat menumbuhkan pemikiran-pemikiran terbuka, kritis konstruktif, kreatif dan inovatif.
  4. Menghasilkan penelitian, publikasi dan karya ilmiah yang menjadi rujukan pada tingkat nasional dan regional.
  5. Menyediakan System layanan yang memuaskan bagi stakeholders.
  6. Menyediakan sumber daya dan potensi institut yang dapat diakses oleh lembaga-lembaga pemerintah, swasta, industri dan masyarakat luas untuk mendukung upaya-upaya pengembangan bidang Agama, Sosial, Ekonomi, Politik, Hukum dan Budaya di Indonesia.
  7. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian dan moralitas yang Islami dan Malaqbi dalam konteks kehidupan individual maupun sosial.

Sasaran yang ingin dicapai oleh Prodi Komunikasi & Penyiaran Islam adalah:

  1. Lulusan yang mempunyai kompetensi dibidang Komunikasi & Penyiaran Islam untuk berbagai bidang kerja terkait sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dengan spesifikasi capaian:
  2. Lama masa studi yang dicapai mahasiswa maksimal 4,5 tahun
  3. Indeks Prestasi Kumulatif lulusan minimal 3,00 dan meningkat 0,01 setiap tahunnya
  4. Lulusan telah memiliki sertifikat minimal 3 macam pelatihan soft skill
  5. Lulusan atau mahasiswa memiliki pengalaman melakukan penelitian, pengabdian masyarakat serta pernah bekerja (magang) di institusi/lembaga yang relevan dan mendukung peningkatan kompetensi

Dihasilkannya karya ilmiah di bidang Komunikasi & Penyiaran dengan spesifikasi capaian:

  1. Memiliki kegiatan penelitian yang berkontribusi terhadap pengembangan keilmuan dan dinamika Komunikasi & Penyiaran serta kebijakan
  2. Menerbitkan buku rata- rata 2 buku setiap tahun
  3. Memiliki jurnal Dakwah & Komunikasi Islam yang terbit secara berkala baik online (terindeks) maupun cetak serta dan memiliki reputasi di tingkat nasional
  4. Menjadi pusat kajian Komunikasi & Penyiaran Islam dengan fokus pada kajian dinamika dakwah, public relations, jrnalistic dan broadcasting.

Menjadi wadah pengembangan masyarakat melalui program-program pengabdian kepada masyarakat dengan spesifikasi capaian:

  1. Masyarakat mendapat pelatihan peningkatan kapasitas dan pengetahuan yang mendorong kepada pemberdayaan masyarakat.
  2. Masyarakat mudah untuk mengakses program pemberdayaan masyarakat melalui Program Studi Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI) IAI DDI Polewali Mandar.

Terciptanya jaringan kerja antara Program Studi Komunikasi & Penyiaran Islam (KPI) lembaga pemerintah, dunia usaha dan dunia industri lainnya.

  1. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi baik pemerintah daerah, nasional, lembaga swadaya masyarakat (LSM) lokal, nasional, dan internasional, media massa baik cetak maupun elektronik maupun Organisasi nasional dan internasional sebanyak minimal 10 lembaga setiap tahunnya
  2. Mempersiapkan penciptaan jaringan kerjasama dengan alumni dalam rangka meningkatkan kerja sama sebagai sarana menguatkan akses kerjasama dengan mitra diluar kampus

Strategi untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan, dilakukan dengan sebelumnya menyusun rencana pengembangan Program Studi Komunikasi & Penyiaran Islam 2018-2022.